Atasi Pembangkang, Korut Pasang Kawat Berduri

juandry8
Pipes Output
Atasi Pembangkang, Korut Pasang Kawat Berduri
Aug 16th 2011, 11:02

SEOUL - Korea Utara (Korut) memasang kamera pengintai dan kawat berduri di wilayah perbatasan yang berada di dekat China, untuk mengatasi para pembangkang dan masuknya pengaruh dari luar.

Kawat berduri dan kamera CCTV itu dipasang di Kota Sinuiju yang berada di Provinsi Hyesan dan beberapa wilayah perbatasan lainnya.

Kota Sinuiju dan beberapa wilayah perbatasan lain sering dijadikan rute bagi para warga Korut yang kabur dari negaranya ke China atau Korea Selatan (Korsel), yang saat ini menjadi rumah bagi 21 ribu pengungsi Korut. Demikian seperti diberitakan Bernama, Selasa (15/8/2011).

Pemimpin Korut Kim Jong Il mendesak diadakan inspeksi terhadap warganya ketika dirinya berkunjung ke Kota Sinuiju pada Juli lalu. Muncul pula dugaan, banyak ponsel yang diselundupkan dari China ke kota tersebut. Ponsel itu digunakan warga setempat untuk berkomunikasi dengan rekannya yang ada di China dan juga Korsel.

Otoritas Korut mulai melakukan pemeriksaan terhadap warga yang menggunakan ponsel, televisi dan radio, mereka berupaya untuk menghentikan komunikasi warga dengan negara lain. Korut memang sejak dahulu melakukan kontrol agar warganya tidak mendengarkan berita atau informasi-informasi dari penjuru dunia.

Saluran radio dan televisi sudah diatur sehingga hanya saluran lokal yang dapat disaksikan atau didengar. Meski demikian, banyak warga Korut yang diam-diam menikmati siaran radio dan televisi dari Korsel.(rhs)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url