Biden Kunjungi Tiongkok, di Tengah Sengketa Penjualan Senjata AS ke Taiwan

Juandry10
Pipes Output
Biden Kunjungi Tiongkok, di Tengah Sengketa Penjualan Senjata AS ke Taiwan
Aug 17th 2011, 12:08

 Rabu, 17 Agustus 2011

Tiongkok menagih janji Amerika untuk mengurangi penjualan senjata kepada Taiwan sesuai dengan pernyataan resmi tahun 1982.

Foto: AP

Wapres AS Joseph Biden dan puterinya, Ashley Biden saat tiba di bandara internasional Beijing, Rabu (17/8).

Wakil Presiden Amerika Joe Biden tiba di Tiongkok hari Rabu (17/8) di tengah-tengah kekhawatiran yang meningkat di kedua sisi Selat Taiwan mengenai prospek penjualan senjata Amerika kepada Taiwan.

Para pejabat Amerika telah menekankan bahwa Biden ingin menggunakan kunjungan 4 hari itu untuk menyampaikan jaminan tentang tata keuangan Amerika dan untuk membangun hubungan dengan generasi pemimpin Tiongkok yang berikutnya.

Tetapi laporan pers Tiongkok dan Taiwan menyebutkan bahwa kunjungan Biden jatuh pada hari ulang tahun pernyataan resmi penting tahun 1982 di mana Amerika berjanji, antara lain, untuk secara lambat laun mengurangi penjualan senjatanya kepada Taiwan.

Harian Global Times Tiongkok, surat kabar yang berafiliasi dengan Partai Komunis, mengatakan hari Kamis bahwa para pejabat Beijing kemungkinan akan menekan Biden mengenai keputusan yang akan diambil mengenai apakah akan menjual jet-jet tempur canggih F-16 kepada Taiwan. Penjualan besar senjata Amerika kepada Taiwan menyebabkan terjadinya pembekuan hubungan militer selama 1 tahun dengan Tiongkok.

Catatan Editor: Jawaban Anda akan dipakai untuk membuat grafik interaktif yang menunjukkan pengaruh peristiwa 11 September 2001 bagi warga di seluruh dunia. Grafik akan tersedia pada awal September 2011.

To view this site, you need to have Flash Player 9.0.115 or later installed. Click here to get the latest Flash player.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url