Ekspor Jepang Membaik, Hampir Dekati Tingkat Pra-Bencana

Juandry10
Pipes Output
Ekspor Jepang Membaik, Hampir Dekati Tingkat Pra-Bencana
Aug 18th 2011, 12:38

 Kamis, 18 Agustus 2011

Walaupun sektor pabrik mulai pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami, para analis mengatakan peningkatan cepat dalam nilai Yen tetap menjadi keprihatinan utama para eksportir.

Foto: AFP

Nissan Juke, mobil sport produksi Nissan siap untuk dieskpor di pelabuhan Yokosuka, selatan Tokyo. Ekspor Jepang masih menurun dibanding tahun lalu, namun jauh lebih baik dari perkiraan.

Data perdagangan baru menunjukkan ekonomi Jepang yang mengandalkan ekspor lambat laun kembali ke tingkat sebelum bencana gempa-bumi dan tsunami tanggal 11 Maret.

Data hari Kamis itu menunjukkan ekspor Jepang bulan Juli hanya 3,3 persen lebih rendah daripada bulan yang sama tahun lalu. Penurunan ini lebih baik dari perkiraan, mengingat pengurangan aliran listrik dan tersendatnya pasokan suku cadang yang mengganggu sektor pabrik sejak kedua bencana tersebut terjadi. Sebelumnya, para pakar ekonomi memperkirakan angka ekspor Jepang akan mengalami penurunan yang jauh lebih tajam.

Negara itu juga melaporkan surplus perdagangan bulanan yang kedua setelah beberapa bulan defisit setelah bencana. Namun, surplus tersebut jauh lebih kecil daripada bulan yang sama tahun lalu karena peningkatan impor 9,9 persen, yang disebabkan sebagian oleh harga minyak yang lebih tinggi.

Walaupun sektor pabrikmulai pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami tersebut, para analis mengatakan peningkatan cepat dalam nilai Yen tetapmenjadi keprihatinan utama para eksportir.

Catatan Editor: Jawaban Anda akan dipakai untuk membuat grafik interaktif yang menunjukkan pengaruh peristiwa 11 September 2001 bagi warga di seluruh dunia. Grafik akan tersedia pada awal September 2011.

To view this site, you need to have Flash Player 9.0.115 or later installed. Click here to get the latest Flash player.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url