Guguran Lava Mulai Terjadi di Gunung Soputan

Juandry9
Pipes Output
Guguran Lava Mulai Terjadi di Gunung Soputan
Aug 14th 2011, 13:49

foto

Gunung Soputan (1783 meter dpl) menyemburkan lava pijar dengan ketinggian 1000-1500 meter di Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (6/10) malam. ANTARA/Basrul Haq

TEMPO Interaktif, Manado -Aktifitas Gunung Soputan yang terletak di kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara malam ini kembali meningkat. Sejak pukul 18.00 WITA tadi, guguran lava panas mulai keluar dari kawah gunung.

Dari patauan Tempo, guguran lava ini masih terus terjadi hingga pukul 20.00 WITA.

Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Sandy Manengkey kepada TEMPO mengatakan, guguran lava panas Gunung Soputan ini mencapai 500 meter hingga 750 meter dari bibir kawah. "Guguran lava panas ini mulai terpantau keluar dari Gunung Soputan pada pukul 18.00 WITA dan hingga kini terus merembes hingga mencapai 750 meter dari kawah," katanya, Ahad, 14 Agustus 2011.

Sandy memperkirakan guguran lava ini masih aka terus terjadi dan meluas. Sebab, getaran-getaran masih terekam dalam alat seismograf. Getaran amplitude pada alat ini mencatat angka maksimal 44 milimeter.

Meski begitu, kata Sandy, masyarakat belum perlu diungsikan mengingat batas minimum daerah aman masih di angka 6 kilometer. Sedangkan jarak aktivitas dan pemukiman warga ada pada jarak di 8 kilometer. "Guguran lava masih di angka 750 meter, makanya kami belum menginstruksikan untuk mengungsi. Tetapi tetap siaga dan siap untuk mengungsi jika sampai aktivitasnya meninggi," kata Sandy.

ISA ANSHAR JUSUF

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url