Marzuki Alie Minta Fisik dan Mental Nazar Dijaga

Juandry9
Pipes Output
Marzuki Alie Minta Fisik dan Mental Nazar Dijaga
Aug 15th 2011, 12:54

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie meminta Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi harus bisa menjamin keselamatan tersangka kasus suap Wisma Atlet SEA Games XXVI Jakabaring, Palembang, Muhammad Nazaruddin. Keselamatan Nazaruddin harus dijamin sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Kepala Polri.

"Instruksi ini masih berlaku. Selama menjalani proses hukum, keselamatan Nazar harus betul-betul dijamin. Ini instruksi dari Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan," kata Marzuki ketika menerima pengacara Nazaruddin, OC Kaligis, dan saudara sepupu Nazaruddin, Muhammad Nasir di ruang pimpinan DPR, Senin 15 Agustus 2011.

Ia juga meminta aparat penegak hukum untuk tidak sekedar menjamin keselamatan Nazaruddin, melainkan juga memperhatikan kondisi kesehatannya. "Keselamatan tidak hanya bicara fisik, tapi juga mental. Jangan selamat fisik tapi mentalnya diteror, kan tidak selamat juga," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Sebagai Ketua DPR, Marzuki juga mendesak KPK bersikap transparan dalam penanganan kasus Nazaruddin. Proses hukum terhadap bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu harus dilakukan se-obyektif dan seterbuka mungkin. "Harusnya KPK sebagai lembaga penegak hukum mendengarkan pesan ini. Jangan seperti Kopkamtib yang enggak ada hukum di sana," ujar dia.

Mengenai peran DPR dalam penanganan kasus Nazaruddin, Marzuki sepakat bila Dewan bisa melaksanakan fungsinya dalam hal pengawasan. Jika dalam proses hukum terhadap kasus Nazaruddin dijumpai ada lembaga yang melanggar undang-undang, maka tugas DPR untuk meluruskan hal itu, sesuai fungsi kontrol Dewan. "Komisi III mendampingi keluarga (Nazaruddin) dan pengacara untuk meyakinkan hukum ditegakkan. Kita hormati hukum dan memberikan dukungan," kata dia. "Tegakkan kebenaran, Allah maha membela. Jangan takut dengan manusia."

MAHARDIKA SATRIA HADI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url