Parah, Abrasi Pantai Baron

Juandry10
Pipes Output
Parah, Abrasi Pantai Baron
Aug 18th 2011, 12:24


Dikatakan Sunardi, gelombang dengan ketinggian tujuh meter muncul setiap setengah hingga satu jam, sehingga hari ini mencapai puncaknya. Menurutnya, abrasi atau erosi pantai itu mengancam pasar ikan yang terletak 200 meter dari muara sungai di kawasan pantai tersebut.

"Jarak pasar ikan dengan muara sungai kini hanya tiga meter sehingga air hampir masuk ke pasar," kata Sunardi. "Bibir pantai yang awalnya landai, biasa digunakan untuk menambatkan perahu nelayan, kini telah rusak."

Pasir pantai tergerus ombak laut, kata Sunardi, sehingga para nelayan di kawasan pantai telah memindahkan perahu mereka ke tempat yang lebih aman. "Abrasi Pantai Baron telah terjadi sejak beberapa pekan lalu dan telah merusak puluhan kios milik pedagang di pinggir pantai," jelasnya.

Abrasi itu, kata Suanardi, membuat bibir Pantai Baron bergeser dari arah Selatan ke arah Timur sepanjang 200 meter dengan kedalaman sekitar tiga meter. Tim SAR mengimbau kepada seluruh pengunjung pantai untuk meningkatkan kewaspadaan karena gelombang tinggi dan angin kencang pada bulan ini masih terus terjadi.

"Hasil informasi yang kami himpun dari BMG cuaca buruk memicu gelombang tinggi akan terus terjadi Agustus ini," kata Sunardi. (Ant/SHA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url