Riset Terbaru: Musikmu, Kepribadianmu

Juandry9
Pipes Output
Riset Terbaru: Musikmu, Kepribadianmu
Aug 16th 2011, 13:09

TEMPO Interaktif, Musik kerap terbukti bisa mencairkan suasana. Lewat musik juga kita bisa menjadi satu. Kini ada bukti bahwa selera musik yang sama bisa memperkuat hubungan sosial.

Menurut Jeanette Bicknell dalam situs www.psychologytoday.com, selera musik menunjukkan kepribadian dan nilai-nilai sosial seseorang. Musik bisa menyatukan orang berdasarkan selera atau pilihan jenis musik. Selera yang sama bisa menunjukkan kepribadian yang mirip atau memang menganut nilai-nilai kehidupan yang sama.

Riset tentang musik ini diujikan kepada sejumlah anak muda Jerman. Responden yang diambil melalui internet dibagi berdasarkan empat selera musik yaitu rock, metal, hip-hop dan elektro. Tiap responden kemudian diminta untuk membayangkan pertemuan dengan orang yang memiliki selera musik sama dan orang yang berbeda sekali selera musiknya.

Mereka kemudian ditanyai nilai-nilai apa yang mungkin orang dengan selera musik tertentu bisa memilikinya. Misalnya, penikmat musik Rock, karakter apa saja yang biasa dimiliki orang itu. Lalu responden pun diminta untuk memeringkat ketertarikan mereka terhadap orang-orang berdasarkan selera musik. Ternyata, kata Jeanette, responden Jerman tersebut menyukai orang yang selera musiknya mirip dengan diri mereka sendiri.

Riset berbeda juga dilakukan di Hong Kong. Respondennya adalah mahasiswa strata-1 yang tinggal sekamar. Mereka ditanya secara acak oleh pihak Universitas. Kemudian periset mengukur nilai-nilai kehidupan dan selera musik dari tiap mahasiswa. Mahasiswa juga ditanyai tentang teman sekamar mereka.

Hasilnya, ujar penulis Buku "Why Music Moves Us" ini, selera musik yang sama berkorelasi dengan pemahaman terhadap nilai-nilai kehidupan yang serupa. Yang menarik, Ia menambahkan, mahasiswa yang memiliki selera musik Barat (dalam riset ini disandingkan dengan musik Cina) ternyata lebih terbuka dalam memahami nilai-nilai kehidupan.

Jadi, Jeanette menuturkan, kalau selera musik anda Nina Simone, Jay-Z atau Mozart, maka menemukan orang yang memiliki selera yang sama adalah awal dari hubungan yang indah.

DIANING SARI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url