Suu Kyi Memulai Tur Politiknya  

Juandry9
Pipes Output
Suu Kyi Memulai Tur Politiknya  
Aug 14th 2011, 11:49

Minggu, 14 Agustus 2011 | 18:01 WIB

foto

Aung San Suu Kyi. REUTERS/Soe Zeya Tun

TEMPO Interaktif, BAGO – Aktivis prodemokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi kemarin mulai melangsungkan tur politik pertamanya. Tur ini merupakan yang pertama sejak bebas dari tahanan rumah November tahun lalu. Tur berlangsung di dua kota utama di Rangoon, dan di mulai dari kota Bago, 80 km utara Rangoon. 

Di kota ini peraih hadiah Nobel itu disambut lebih dari 300 pendukungnya. "Hidup Daw Aung San Suu Kyi," teriak mereka ketika iring-iringan kendaraan Suu Kyi masuk ke kota tersebut. Untuk menandai perjalanannya, Suu Kyi membuka perpustakaan umum dan berkunjung ke sebuah pagoda. Perjalanan kemudian berlanjut ke kota Thanatpin.

Selama kunjungan di dua kota itu, Suu Kyi berpidato sekitar 10 menit. Kepada pendukungnya dia mengimbau agar rakyat bersatu dan tetap mendukung partai politiknya. Dia juga meminta rakyat tetap tekun meskipun terganjal kesulitan ekonomi yang memaksa mereka mencari pekerjaan di luar negeri. Satu hal yang ditekankan lagi dalam pidatonya yakni perubahan demokrasi yang sebenarnya pasti akan terjadi.

Win Htein, salah satu pemimpin partai Suu Kyi, mengatakan perjalanan ini sangat penting karena untuk menguji reaksi pemerintah dan respon rakyat terhadap keberadaan Suu Kyi. "Perjalanan ini untuk menguji semuanya," kata Htein. Kendati berlangsung aman, tapi pemerintah yang didominasi militer memperingatkan perjalanan itu bisa memicu kerusuhan.

AP | FOXNEWS | SUNARIAH

 

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Tempo Interaktif. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url