Warga Lereng Gunung Papandayan Tetap Beraktivitas

Juandry10
Pipes Output
Warga Lereng Gunung Papandayan Tetap Beraktivitas
Aug 14th 2011, 12:01

Liputan6.com, Garut: Meski sudah berstatus siaga, sebagian warga di lereng Gunung Papandayan, Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Ahad (14/8), masih beraktivitas seperti biasa. Mereka tetap pergi ke kebun atau ladang yang terdapat di lereng gunung.

Deden, warga setempat, mengaku tak terlalu khawatir dengan kondisi Gunung Papandayan saat ini. Menurutnya, sebelum situasi benar-benar dinyatakan bahaya, ia masih akan pergi ke kawasan gunung untuk mencari rumpuk untuk pakan ternak hewan peliharannya. Meski begitu, Deden tetap mematuhi anjuran petugas agar tidak mendekati kawasan kawah dalam radius dua kilometer.

Hal serupa diakui Dadah. Ia dan sejumlah petani lainnya mengaku tak terganggu dengan perubahan status Gunung Papandayan. Ia serta petani lainnya masih pergi ke kebun di lereng gunung untuk menanam rumput gajah bagi hewan ternak mereka. Meski demikian, mereka tetap waspada dan berjaga-jaga seandainya kondisi memburuk.

Sementara Didin, warga lainnya, mengaku tetap waspada dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya jika kemungkinan terburuk terjadi. Ia juga tak akan mendekati aliran sungai. Sebab menurut pengalaman letusan pada waktu lalu, aliran sungai merupakan jalur yang dilalui lahar dingin.

Didin mengaku masih trauma dengan letusan Gunung Papandayan pada 2002 lalu. Saat itu, perkampungan warga di sekitar gunung ini diterjang lahar dingin melalui sungai yang berdekatan dengan kampungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, perubahan status Gunung Papandayan dari waspada menjadi siaga menyusul meningkatnya penyebaran tembusan gas di beberapa kawah. Selain itu, terjadi peningkatan aktivitas kegempaan tektonik serta vulkanik. Perubahan status berlaku sejak kemarin hingga batas waktu yang masih belum bisa dipastikan [baca: Papandayan Siaga, Warga Dilarang Mendekat].(BOG)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url